Perbedaan pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan di tinjau dari tujuan, proses, dan hasil

model-pembelajaran-terpadu-tipe-fragmanted-terpisahPerbedaan pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan di tinjau dari tujuan, proses, dan hasil

  • Tujuan dari pendidikan yaitu mendidik anak-anak agar dapat berfikir secara rasional, bekerja beraturan dan sungguh-sungguh, membentuk manusia yang berwatak, menanamkan rasa persatuan, membentuk mannusia yang bebas dan merdeka serta percaya diri dan bertanggung jawab dan membentuk sebagai pemuda yang aktif mengabdi dan membangun masyarakat. Dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti , memiliki pengetahuan. Dalam proses pendidikan dibutuhkan konsep sebagai berikut yaitu konsep self learning yang sangat penting ditanamkan pada pendidikan dasar sehingga akan membantu siswa untuk belajar secara mandiri pada level-level berikutnya. Berani dalam berpendapat dan mengespresikan diri adalah psikologis yang harus dibangun dari mulai pendidikan dasar. Dan juga ada empat pilar proses pendidikan yaitu learning to know (belajar untuk menguasai pengetahuan), learning to do (belajar untuk menguasai pengetahuan), learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), learning to live together (belajar untuk bermasyarakat). Sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, yaitu manusia yang berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani.
  • Tujuan dari pembelajaran yaitu pernyataan yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar, dan suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran. Dalam Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa tujuan pembelajaran memberikan petunjuk untuk memilih isi mata pelajaran, menata urutan topik-topik, mengalokasikan waktu, petunjuk dalam memilih alat-alat bantu pengajaran dan prosedur pengajaran, serta menyediakan ukuran (standar) untuk mengukur prestasi belajar siswa. Dan dapat memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara  lebih mandiri; memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar; membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran; memudahkan guru mengadakan penilaian.
  • Tujuan dari pelatihan merupakan standard kualifikasi bagi pencapaian kemampuan atau kompetensi dari suatu proses pelatihan dan belajar mengajar, memuat kemampuan spesifik, hasil, dan pemenuhan kopetensi yang diharapkan, dan menggunakan kata kerja operasional yang jelas dengan cirri-ciri sbb : dapat diamati, dapat diukur, dapat dilakukan dan ada batasan waktu. Dalam pelatiahan mampu bekerja lebih efektif dan efisien dibidang kerja masing-masing, mampu meningkatkan produktifitas perusahaan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat.


Hubungan antara tiga ranah tersebut sangat di buttuhkan karena saling membutuhkan satu sama lainnya. Dan dapat di definisikan sbb : ranah kognitif yaitu proses berfikir, ranah psikomotor yaitu keterampilan, dan ranah afektif yaitu sikap. Ketiga ranah kejiwaan itu erat sekali dan bahkan tidak mungkin dapat dilepaskan dari kegiatan atau proses evaluasi hasil belajar dalam jenjang kejuruan atau pada SMK. Dalam konteks evaluasi hasil belajar, maka ketiga ranah itulah yang harus dijadikan sasaran dalam setiap kegiatan evaluasi hasil belajar di SMK karena semua ranah itulah yang terkandung pada siswa SMK. Ketiga ranah tersebut menjadi obyek penilaian hasil belajar. Diantara ketiga ranah itu saling berhubungan dalam karakteristik pada siswa SMK sehingga terciptalah belajar dan pembelajaran yang sangat mengacu pada kejuruan-kejuruan yang di minati siswa SMK menurut minat masing-masing.

http://fuadmje.wordpress.com/2011/11/05/perbedaan-pendidikan-pembelajaran-dan-pelatihan-di-tinjau-dari-tujuan-proses-dan-hasil/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s