Pergunakan Kekuatan Media Untuk Mempromosikan Bisnis/Usaha Anda

collage

Ketika saya sudah tau dan sudah punya produk yang mau saya bisniskan dengan sistem BO. Ketika saya sudah menyiapkan dan sudah memahami sistim apa yang akan saya terapakan dalam menjalankan bisnis ini maka selain saya mempersiapkan semua perlengkapan pendukungnya salah satu yang saya lakukan adalah mencari info tentang cara berpromosi lewat media.

Media yang saya maksudkan adalah lewat koran, tabloid dan majalah. Hal ini saya lakukan sebab saya merasa media akan lebih cepat dalam mempromosikan bisnis yang sedang saya bangun ini dari pada jika saya hanya berjualan lewat outlet atau jika saya hanya menggunakan sarana promosi lewat brosur dan leafleat.

Jika saya hanya menjual di booth, gerobak atau oulet saja maka yang tahu ada produk saya hanyalah orang yang lewat di sekitar saya jualan saja. Orang yang letaknya lebih jauh sedikit dari tempat saya jualan nggak bakalan tau. Untuk memberi tahu orang-orang yang letaknya jauh dari tempat saya atau yang nggak lewat di muka outlet saya maka saya menggunakan dan menyebarkan brosur serta leafleat pada mereka. Itu pun nggak terlalu maksimal dan memakan energi yang cukup besar serta waktu yang relatif lama, coba aja dilakukan sendiri, berapa lama waktu yang harus kita pergunakan untuk menyebarkan 1000 lembar brosur. Bisa jadi butuh beberapa hari dan juga membutuhkan lebih dari 2 orang tukang sebar brosur kan.

Atau juga bisa menggunakan jasa tukang koran, dengan cara menyelipkan brosur-brosur kita pada koran yang akan mereka antar ke pelanggannya. Tapi tetep aja cara ini kan juga gak gratis, biasanya mereka meminta sekitar 100 rupiah per brosur yang akan diselipkan di koran-koran yang akan mereka antar. Apalagi para tukang koran itu akan meminta pembayaran biaya di muka, pembayaran harus beres sebelum pekerjaan dilakukan. Bukannya saya menuduh mereka gak jujur tapi kalo saya pingin yakin ke 1000 brosur itu tersebar maka setelah saya membayar, saya juga harus menunggui mereka menyelipkan brosur itu satu persatu ke dalam koran yang akan mereka bawa.

Kalo itu kita lakukan berapa banyak waktu kita yang terbuang kan. Pastinya memang lebih ringan dan lebih efisien daripada kita harus membagikan dan menyebar brosur sendiri, tapi tetep aja gak efisien kalo menurut saya. (Mungkin karena saya termasuk tipikal seorang pemalas sejati)

Saya sering dikasih tau oleh para senior kalo pada kenyataannya bukan hanya kita sepihak atau saya sepihak yang membutuhkan liputan oleh media agar produk yang saya jual itu dikenal oleh masyarakat ramai. Ternyata menurut senior-senior saya para wartawan itu sebenernya juga butuh narasumber untuk diliput di medianya.

Nah agar dapat diliput oleh media maka kita butuh dikenal oleh wartawan, jika para wartawan itu kenal kita maka mereka mau menulis dan meliput berita tentang diri kita dan bisnis kita tanpa kita harus keluar duit lagi untuk biaya promosi. Kata para senior, para wartawan butuh narasumber untuk berita yang akan ditulis di medianya.

Nah tehnik ini yang harus kita miliki terutama jika kita adalah pengusaha pemula yang hanya bermodalkan dengkul saja alias modal duitnya cekak dan terbatas. Cari kenalan sebanyak-banyaknya wartawan media baik itu koran atau radio yang ada di kota tempat kita berbisnis. Lantas tawarkan pada mereka produk gratis kita khusus pada wartawan sehingga mereka tertarik dan akhirnya berkenan menulis tentang kita dan bisnis kita. Ini hanya salah satu cara.

Ada juga cara lain yaitu dengan bergabung aktif ke berbagai komunitas entrepreneur yang ada di kota tempat kita tinggal, dengan cara ini kita bisa kenal dengan para senior yang sudah jadi langganan liputan media, dengan begitu jika para senior itu kenal ke kita maka bisa jadi mereka akan berkenan mereferensikan kita pada wartawan yang mereka kenal.

Kenapa bisa begitu? Sebab para wartawan biasanya akan bertanya pada para senior tentang pengusaha yang dikenal oleh senior kita yang layak mereka hubungi untuk artikel yang akan ditulis oleh para wartawan itu dimedianya.

Nah jika satu media sudah meliput kita dan bisnis kita maka biasanya wartawan lain akan ikutan juga ingin menulis tentang kita dan bisnis kita, jadinya seolah-olah kita digilir oleh para wartawan. Dengan di gilir ini liputan tentang kita dan bisnis kita bisa terjadi tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali, dalam situasi ini medialah yang butuh liputan sehingga kita bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan tawar menawar pada media.

Semakin sering kita dan bisnis kita diliput oleh media maka kita dan bisnis kita secara otomatis akan terpromosikan dengan sendiriny. Pada saat inilah kita harus mempunyai team marketing yang tangguh yang bisa meyakinkan konsumen untuk membeli dan bergabung dengan kita atau bisnis kita saat para calon konsumen itu menghubungi kita baik secara langsung datang atau melalui telepon.

Selain itu ada juga kiat lain yang pantas untuk di coba agar kita dan bisnis yang kita rintis bisa dimuat di media secara gratis yaitu jika kita sebagai seorang pengusaha rajin memberikan press release kepada media-media untuk di muat di halaman info bisnis, agenda bisnis, info kegiatan dan lain-lain.

Berdasarkan data yang saya sunting dari http://www.lunareclipse.net/pressrelease.htm pengertian dari press release sendiri adalah suatu pernyataan sederhana yang akan dipersiapkan untuk media massa. Atau lebih lengkapnya sebagai sebuah berita yang disusun oleh sebuah organisasi yang menggambarkan kegiatannya, yang kemudian dikirimkan kepada media untuk dapat disiarkan melalui media tersebut.

Media yang dimaksud dalam kegiatan press release adalah media massa yang meliputi media massa cetak, yaitu surat kabar dan majalah, serta media massa noncetak yang meliputi TV, radio dan film. Kepada redaksi media-media massa tersebut press release dikirim oleh praktisi humas yang mewakili suatu organisasi, untuk dapat dimuat di dalamnya.

Upaya penyebaran press release ke berbagai media massa dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu pertama dengan cara mengirim langsung press release yang telah dibuat ke redaksi media massa yang dituju, selanjutnya redaksi media massa menyusun press release tersebut sesuai dengan aturan redaksional media massa bersangkutan, dan kemudian press release tersebut dipublikasikan.  Kedua, dapat pula dilakukan dengan cara menyertakan atau melampirkan lembaran press release dalam kegiatan konferensi pers. Pada kegiatan konferensi pers, pihak organisasi yang diwakili oleh praktisi humas membagikan lembaran press release kepada wartawan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam hal ini press release digunakan untuk melengkapi atau mendukung kegiatan konferensi pers.

Sesungguhnya Press Releases itu bukanlah sebuah iklan, dan bukan pula sebuah tulisan/liputan berisi produk yang akan kita jual. Press Releases yang berisi iklan biasanya justru akan ditolak oleh media. Nah bagaimana agar Press Releases yang kita bikin bisa diterima oleh media, rumusnya lumayan gampang kita cuman harus bisa bikin Press Releases yang isinya tentang sebuah kegiatan yang disukai oleh masyarakat, jika masyarakat suka maka media pastinya akan suka. Tulislah Press Releases kita itu tentang sebuah liputan, misalnya :

Tulislah Press Releases tentang bisnis kita yang berkaitan dengan sebuah perayaan, misal perayaan ulang tahun bisnis kita, tentunya bukan perayaan ulang tahun biasa tapi sebuah perayaan ulang tahun yang sengaja dibikin heboh dan spesial, dimana didalam perayaan tersebut kita bikin sebuah event khusus buat pelanggan setia kita atau bisa juga kita bikinkan dalam perayaan itu sebuah acara spesial pemberian bonus khusus pada pelanggan ke 1000 misalnya, atau kegiatan perayaan lainnya yang tidak biasa dan menarik minat masyarakat.

Tulislah Press Releases tentang bisnis kita yang kegiatannya melibatkan sebuah komunitas spesifik. Contoh semisal kita akan melaunching sebuah produk terbaru maka libatkanlah sebuah komunitas atau beberapa komunitas dalam kegiatan acara tersebut. Kekuatan komunitas akan menarik perhatian media apalagi jika komunitas itu memang spesifik, sedang booming dan menarik perhatian serta diminati masyarakat. Contoh komunitas misalnya komunitas entrepreneur, komunitas mobil atau motor dan komunitas lainnya yang ada.

Tulislah Press Releases tentang bisnis kita yang menjadi sponsor acara-acara keluarga, bukan hanya acara keluarga dalam arti sesungguhnya tapi kita bisa menjadi sponsor dalam acara keluarga besar sebuah instansi atau lembaga tertentu. Keterlibatan kita dalam acara tersebut dengan menjadi sponsor tentu menarik minat media, jadi yang kita tuliskan disitu bukan semata-mata tentang keterlibatan kita sebagai sponsor melainkan seolah-olah kita mengangkat kegiatan ’keluarga’ tersebut.

Tulislah Press Releases tentang keterkaitan bisnis kita dengan sebuah kejadian mengerikan atau musibah yang sedang terjadi dalam masyarakat, misal menulis tentang peranan bisnis kita memberikan bantuan atau sumbangan terhadap sebuah kejadian bencana. Kejadian bencana itu menarik minat pembaca dan media maka tulisan kita yang memuat peranan kita akan mudah mereka terima sebab ada keterlibatan kita secara aktif memberikan bantuan.

Atau bisa juga kita tulis Press Releases tentang kunjungan kita atau team perusahaan ke panti asuhan, panti jompo atau panti lainnya, intinya yang ditulis adalah kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan kita. Kegiatan sosial akan selalu disukai oleh masyarakat penikmat media.

Setelah kita paham tentang Press Releases, maka tugas kita selanjutnya adalah menuliskan sendiri atau meminta staf humas kita menuliskan Press Releases yang sesuai dengan kategori-kategori tulisan Press Releases yang sudah disampaikan diatas, lantas segera kirimkan ke banyak media sekaligus secara rutin. Pilihlah selalu media yang mempunyai kolom atau halaman khusus tentang Press Releases, tentang Info Bisnis, atau rubrik lain yang berhubungan dengan Press Releases.

Pilihkah cara-cara berhubungan dengan media yang paling kita sukai maka kita akan suka dan senang melakukannya, tiap orang pasti beda minat dan kesukaannya tapi yang terpenting dari semuanya adalah >>>> Go action!!!

http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/07/27/pergunakan-kekuatan-media-474401.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s