Kebugaran itu Sangat Penting

healthy-children-playingKebugaran itu sangat penting bagi tubuh kita saat ini. Di tengah kondisi di mana teknologi dan kemasan makanan semakin maju, ketergantungan pada transportasi mesin, gaya hidup yang kurang bergerak, serta jadwal kegiatan kerja yang padat akan membuat Kita memiliki tidak cukup waktu untuk menyantap makanan sehat atau melakukan olahraga. Hal ini akan mengarahkan kita ke arah hidup yang penuh dengan penyakit, kenaikan berat badan, dan ketahanan tubuh yang lemah. Beberapa faktor yang dapat mengurangi kebugaran kita saat ini antara lain :

  • Pola makanan yang didominasi oleh makanan cepat saji yang tinggi lemak dan rendah nutrisi.
  • Makanan instant dan makanan beku.
  • Kualitas makanan yang kurang baik karena faktor teknologi panen, lama pengangkutan atau tambahan zat hormon lain dalam bahan baku makanan.
  • Kehidupan yang statis, banyak duduk, jarang bergerak, jarang berolahraga.
  • Polusi lingkungan, kendaraan bermotor, dan stress.
  • Pengobatan dengan obat kimia dosis tinggi.
  • Kekurangan asupan serat dari buah, sayuran dan gandum.
  • Tidak cukup mendapatkan protein yang menyehatkan untuk meningkatkan kesehatan otot dan tulang.
  • Kurang istirahat dan stress.
  • Merokok (perokok aktif maupun pasif).
  • Minum-minuman Softdrink / Alkohol / Caffein tinggi / yang berkadar gula tinggi

Walaupun epidemi di atas serasa mengkhawatirkan, Kita masih dapat mengatur dan mengendalikan pola makan dan tingkat aktivitas agar kita memiliki kebugaran dan kemampuan untuk mempertahankan kesehatan saat ini dan di masa datang. Memperbaiki kondisi kesehatan dan kebugaran melalui gaya hidup sehat adalah suatu proses yang bertahap. Tiga langkah inti berikut ini dapat dijadikan panduan untuk mencapai kebugaran optimal :

  • Seimbangkan Pola Makan. Pastikan makanan yang diasup bernutrisi seimbang termasuk buah/sayur berwarna, protein tinggi, tidak berlebihan karbohidrat dan gula, serta lemak baik yang cukup agar makanan tetap memiliki rasa yang lezat. Asupan vitamin, mineral, dan serat bisa Kita peroleh dari suplemen makanan yang tepat. Pilihlah makanan dengan kalori yang cukup bagi kebutuhan tubuh tetapi memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap seimbang. Beberapa makanan fast food memiliki kalori tinggi, garam tinggi, dan lemak tinggi, sehingga makanan ini sebaiknya dikonsumsi sesekali saja.
  • Berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga akan membantu Kita mendapatkan penampilan yang menarik, menyegarkan jantung dan sistem pernapasan. Olahraga juga akan membebaskan Kita dari stress dan membantu pengelolaan berat badan ideal.
  • Minum air putih dalam jumlah banyak. Dua pertiga tubuh Kita terdiri dari air. Dalam keadaan normal Kita bisa kehilangan minimal 0,5 liter kandungan air dalam tubuh, apalagi jika Kita banyak beraktivitas maupun kegiatan di luar ruang. Agar tubuh tetap terasa nyaman dan cukup terhidrasi, minumlah paling tidak 2 liter per hari. Jika tubuh kita kekurangan cairan, metabolisme tubuh dapat terganggu.

Kebugaran yang tetap terjaga setiap saat adalah hadiah terindah bagi tubuh Kita. Untuk meraihkebugaran optimal, tentukan dahulu target kebugaran kita, lalu lakukan evaluasi terhadap kebugaranpribadi yang kita upayakan. Usaha-usaha perbaikan kebugaran dapat kita lakukan kemudian dengan aksi yang nyata dan realistis. Lakukan bertahap dan konsisten dalam menjalankan gaya hidup sehat sebagai penunjang kebugaran Anda.

http://iddietsehat.com/kebugaran-gaya-hidup-sehat.html#.URHYDx2yBq0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s